- Peternakan, Tips

Ayam Kontes Serama

A. Mengenal Ayam Serama

Menurut para pelaku budidaya ayam serama, perawatan ayam yang berukuran kecil ini sangat mudah. Ayam serana kini mulai banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia. Ayam serama awalnya merupakan ayam peranakan dari Malaysia. Untuk makanan ayam serama juga tidak terlalu sulit. Sama halnya dengan ayam ayam lain yakni beras atau jagung yang telah di selep. Tambahan makanan untuk ayam ini adalah Jangkrik. yang diberikan khusus untuk memberikan kehangatan pada tubuh ayam.
B. Berternak Ayam Serama
Setiap anak ayam pada tingkat awal memerlukan 2,5 cm ruang pakan sesuai dengan ukuran atau kondisi ayam. Kebutuhan ruang pakan ini meningkatkan sejalan dengan penumbuhannya. Berikan satu atau dua tempat pakan berukuran 120 cm setiap 100 ekor anak ayam untuk 3 minggu pertama. setelah lewat waktu tersebut, berikan tiga atau empat tempat pakan berukuran 120 cm untuk tiap 100 ekor anak ayam.
Naikan ketinggian tempat pakan dan sesuaikan dengan pertumbuhan anak ayam. Bibir tempat pakan harus senantiasa sama tinggi dengan punggung anak ayam. Sediakan paling sedikit empat tempat berukuran satu quart (kurang lebih 1 liter) atau dua tempat berukuran 1 galon (4 quart) air untuk tiap 100 anak ayam. masukkan sekitar lima anak ayam ke tempat air agar tahu letak air.
Pakan dan air harus diperiksa setiap hari. Apabila kotor dan kemungkinan telah terkontaminasi, tempat pakan dan air harus segera dibersihkan. Pakan dan minumannya juga harus diganti dengan yang baru. Tempat pakan harus benar benar kering sebelum diisi dan pakan tersebut harus senantiasa berapa dalam keadaan kering. Penyebab utama dari penyakit adalah bersumber dari pakan dan air yang tidak bersih.
Tak kalah penting, tempatkan lampu penerangan di kandang. Lampu menjadi vital saat musim hujan tiba. Saat itu suhu turun sehingga ayam butuh kehangaatan. Penerangan juga penting ketika pemilik akan mengontrol pada malam hari.
Kandang dapat terbuat dari bahan kayu dan kawat besi. Namun kandang paling bagus terbuat dari kawat besi. Bahkan kawat besi lebih kuwat dan tidah lapuk.
C. Pemberian Pakan
Pakan yang cukup menjadi kunci agar serama tumbuh dengan baik. Untuk menakar kebutuhan pakan serama, berikan pakan hingga tempat pakan terisi penuh. Biarkan sang ayam melahap pakan hingga ayam berhenti mematuk pakan tanda kenyang. Jumlah yang habis itu menjadi patokan pemberian pakan berikutnya. Dengan begitu pakan tidak mubazir. Pakan yang tersisa dapat menyebabkan penyakit karena mengundang lalat. Ayam serama sebetulnya tidak rewel dalam urusan pakan. Ayam mini itu mau menyantap pakan apa saja mulai dari dedak hingga biji bijian seperti jagung, padi, atau kacang hijau. Bahkan hewan kecil seperti serangga atau cacing juga akan disantap jika disondorkan. Itulah sebabnya menu pakan yang diramu para pehobi beraneka ragam.
Jagung merupakan sumser karbohidrat yang sangat penting bagi ayam terutama pada ayam dewasa yang masuk pada masa kawin , sebagai salah satu unsur pembentukan cangkang telur bagi ayam betina.
Biji bijian terdiri dari berbagai unsur pola pengganti gizi dan kaya akan vitamin, cocok bagi serama yang menjalani diet maupun pada masa pertumbuhan, agar tidak rancu dalam memilih disarankan cukup memberikan pakan yang sudah jadi seperti pakan kenari.
Apabila penghobi ayam serama ingin mencampur dan meramu sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  • Kandungan nutrisi bahan pakan;
  • Ketersediaan bahan yang kontinyu dan stabil dalam hal kualitas;
  • Bahan tersebut tidak bersaing dalam kebutuhan pokok manusia;
  • Harga bahan baku relatif murah dan terjangkau.
Apabila ada yang kurang paham bisa ditanyakan dikomentar
Sekian dari saya, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *